May 6, 2021
  • 9:34 am Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya
  • 11:15 am Penambah Rasa Makanan Paling Lezat untuk Berkreasi Memasak
  • 3:17 pm Creating Shared Value Nestlé dalam Bidang Air dan Lingkungan Hidup
  • 8:55 am Kandungan Susu Nestle Nutren Optimum yang Siap Bikin Anda Sehat Selamanya
  • 11:33 am Jasa Pembasmi Tikus, Solusi Agar Rumah Tetap Aman dan Nyaman
Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang cukup ditakuti. Kondisi ini terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Faktor Risiko Penyebab Gagal Ginjal

Secara umum, gagal ginjal disebabkan oleh 3 hal, yaitu kerusakan langsung pada ginjal, kurangnya pasokan darah ke ginjal, dan penyumbatan pada ginjal atau saluran kemih, sehingga urine tidak bisa dikeluarkan dari tubuh.

Berdasarkan klasifikasi penyakitnya, gagal ginjal bisa dibedakan menjadi 2 jenis utama, yakni gagal ginjal akut dan kronis.

Penyebab gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut adalah kerusakan ginjal berat yang baru terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut, di antaranya:

  1. Berkurangnya aliran darah pada ginjal, misalnya karena perdarahan dan dehidrasi berat atau syok.
  2. Cedera parah pada ginjal.
  3. Luka bakar yang parah.
  4. Penyakit tertentu, seperti glomerulonefritis, infeksi ginjal, penyakit jantung, serangan jantung, gagal hati, batu ginjal, hingga kanker ginjal.
  5. Komplikasi hipertensi akibat hipertensi berat yang tidak diobati.
  6. Infeksi parah.
  7. Alergi (anafilaksis).
  8. Baru menjalani operasi besar.
  9. Interaksi obat.

Penyebab gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis terjadi ketika ginjal mengalami kerusakan dalam jangka panjang, sehingga lama-kelamaan ginjal mengalami kerusakan yang berat dan permanen. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan gagal ginjal kronis:

  1. Menderita diabetes atau tekanan darah tinggi.
  2. Memiliki penyakit autoimun.
  3. Menderita penyakit ginjal.
  4. Memiliki gangguan prostat.
  5. Keturunan.
  6. Obesitas.
  7. Merokok.

Saat mengalami gagal ginjal akut maupun kronis, seseorang dapat mengalami beberapa keluhan seperti bengkak di wajah atau tubuh, sesak, mual, muntah, berkurangnya nafsu makan, pucat, kejang, menagntuk, serta koma.

Apa Saja Langkah Pencegahannya?

  1. Menerapkan gaya hidup sehat, misalnya banyak minum air putih, tidak merokok dan menghindari asap rokok, tidak minum minuman beralkohol, serta rajin berolahraga.
  2. Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat, serta menjauhi makanan penyebab gagal ginjal.
  3. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun.
  4. Menghindari konsumsi obat-obatan, suplemen kesehatan, atau obat herbal secara berlebihan dan tanpa rekomendasi dokter.
  5. Bagi penderita diabetes, hipertensi, dan jenis penyakit ginjal lainnya, pastikan Anda menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.
  6. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter apabila Anda memiliki satu atau lebih faktor risiko gagal ginjal, terlebih jika sudah mengalami beberapa gejala yang menandakan kemungkinan gagal ginjal. Semakin cepat penyakit ini terdeteksi, maka semakin cepat pula penanganan yang dapat dilakukan agar fungsi ginjal Anda tetap terjaga. Segera ikut asuransi penyakit kritis ya untuk berjaga-jaga jika ada biaya pengobatan mendadak. Yuk, lindungi diri Anda serta keluarga dengan asuransi!
admin

RELATED ARTICLES
shares