October 23, 2019
  • 1:38 am Pasang Penangkal Petir untuk Melindungi Rumah dan Bangunan Anda
  • 12:32 am Morinaga Chil School Platinum, Susu Terbaik untuk Sang Buah Hati
  • 2:38 am Menilik Fasilitas Kesehatan Pendukung di RS Royal Surabaya
  • 1:26 pm Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda
  • 2:08 pm HRV, Produk Mobil Unggulan Honda
Pasang Penangkal Petir untuk Melindungi Rumah dan Bangunan Anda

Apa yang paling ditakutkan oleh orang-orang ketika hujan deras disertai dengan petir yang menyambar-nyambar? Tentu saja resiko tersambar petir yang membahayakan. Petir merupakan gesekan antar awan di langit yang menimbulkan kekuatan listrik dan mengarah ke bumi. Beberapa orang menggunakan penangkal petir untuk melindungi rumah hunian mereka dari sambaran petir yang membahayakan terutama terhadap aliran listrik.

Definisi Penangkal Petir

Penangkal petir merupakan sebuah alat rakitan sederhana yang dipasang di atap rumah dengan tujuan untuk membelokkan arah petir yang datang menuju ke rumah. Alat ini sangat berguna untuk melindungi rumah dan bangunan-bangunan lain di sekitarnya supaya tidak terkena dampak petir.

Sambaran petir sangat berbahaya. Jika petir ini mengenai seseorang, bisa dipastikan ia akan meninggal dunia karena sengatan aliran listrik yang sangat dahsyat. Penangkal petir umumnya dipasang di atap sebuah rumah, bangunan tinggi, gedung bertingkat, gedung pencakar langit dan lain sebagainya.

Air hujan merupakan konduktor yang sangat baik untuk menghantarkan aliran listrik. Oleh sebab itu, jika petir diketahui menyambar sebuah benda, bukan tidak mungkin area di sekitarnya akan ikut tersambat. Jika ada aliran listrik di sana, petir yang bermuatan ribuan volt akan membakar terlebih dahulu. Itulah mengapa pemasangan penangkal petir ini sangat penting.

Jenis Penangkal Petir

Berdasarkan ruang lingkup dan posisi peletakannya, penangkal petir dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Penangkal Petir Konvensional

Jenis yang satu ini adalah penangkal dengan model paling sederhana dan mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Model ini adalah yang paling pertama kali dibuat yakni oleh Benjamin Franklin.

Bentuknya hanya berupa tiang sepanjang kurang lebih 1 meter dengan ujung bercabang tiga. Penangkal konvensional ini dipasang di rumah-rumah hunian, gedung berukuran sedang, atau area-area yang tidak terlalu luas.

Secara umum, penangkal petir ini akan melindungi dari sambaran petir dalam skala kecil. Selain itu, penangkal konvensional tidak bisa bekerja secara aktif dan mencari arah sumber datangnya petir. Alat ini menunggu munculnya petir dan kemudian menangkapnya.

  1. Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal yang satu ini tentunya merupakan alat yang cukup canggih karena ruang lingkup perlindungannya sangat luas. Berbeda dengan penangkal konvensional yang bisa dipasang menyesuaikan dengan ketinggian bangunan atau rumah. Penangkal eletrostatis sebaiknya dipasang jauh lebih tinggi supaya area perlindungannya semakin meluas.

Penangkal eletrostatis bekerja dengan lebih aktif untuk mencari arah datangnya petir. Pada bagian kepala penangkal petir, terdapat sebuah bahan yang menyimpan ion positif yang berfungsi sebagai magnet yang akan menarik muatan negatif dari awan-awan hujan di langit.

Penangkal petir yang satu ini selain memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga area perlindungannya juga luas, juga merupakan alat yang mampu untuk lebih aktif menangkap aliran listrik negatif dan menetralkannya ke bumi.

Bagian Utama Penangkal Petir

Penangkal Petir memiliki setidaknya tiga bagian utama yang memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri, diantaranya adalah :

  1. Batang Penangkal Petir

Batang penangkal petir umumnya berbentuk runcing pada ujungnya. Ujung runcingnya berguna untuk mengumpulkan muatan listrik dengan cepat dan melepaskannya dengan sesegera mungkin.

Bahan yang dipergunakan biasanya adalah logam atau tembaga yang dilapisi dengan bahan anti korosi. Batang penangkal petir adalah bagian yang ditanam tegak di atap rumah atau bangunan.

  1. Kabel Konduktor

Bagian kedua adalah kabel konduktor. Kabel ini terbuat dari bahan tembaga yang berbentuk kawat panjang. Kabel ini umumnya memiliki diameter sekitar 1 hingga 2 cm yang nantinya akan dipasang di bagian luar bangunan.

  1. Batang Pembumian

Batang yang satu ini juga terbuat dari logam tembaga yang dilapisi oleh material baja. Umumnya, batang pembumian berukuran 1,5 cm pada diameternya dan 1,8 hingga 3 meter untuk ditanam di dalam tanah.

Cara Kerja Penangkal Petir

Cara kerja penangkal petir sebenarnya cukup mudah untuk dipelajari dan dipahami. Sebelumnya Anda harus memahami arus aliran listrik sederhana supaya bisa membayangkan proses terjadinya petir. Untuk informasi, bumi mengandung muatan listrik postif, sedangkan awan bermuatan negatif. Air yang terkumpul sebagai awan mengandung aliran listrik yang bisa menyambar ketika ada benda di bawahnya.

Untuk menghindari sambaran ini, penangkal petir harus diletakkan di atas atau atap rumah. Logikanya, ketika awan bermuatan negatif berkumpul di atas langit, energi negatif ini akan menarik muatan positif yang ada di bumi. Bumi akan mengalirkan listrik melalui penangkal petir khususnya kabel konduktor dan mengumpulkannya di ujung penangkal petir.

Ketika awan negatif mulai mendekat ke arah rumah atau bangunan, aliran listrik positif di ujung penangkal petir akan saling tarik menarik dengan muatan negatif awan. Aliran listrik yang terjadi dapat diredam dengan mengalirkan kembali listriknya ke muatan positif yang lebuh luas yaitu bumi.

Mengapa harus dialirkan ke bumi? Pertemuan arus listrik tingkat tinggi ini akan mencuat kesana kemari dan berbahaya bagi lingkungan sekitar. Itulah sebabnya arus listrik ini harus ditangkap dan dinetralkan ke tanah.

Penangkal petir harus dipasang oleh orang yang sudah ahli supaya bisa bekerja dengan tepat menahan dan menangkap petir. Setiap komponennya harus terpasang dengan pas dan sempurna. Jika ada bagian yang salah pemasangan atau tidak pas, akan berakibat alat ini tidak berfungsi dengan efektif.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai penangkal petir dan semua yang perlu diketahui tentang alat ini. Pemasangan penangkal petir sangat perlu mengingat kondisi geografis Indonesia yang hanya mengenal dua musim menyebabkan wilayah ini akan sangat sering diguyur hujan. Beberapa rumah di rumah.com sudah memanfaatkan penggunaan penangkal petir agar lebih aman dan nyaman.

admin

RELATED ARTICLES
shares