November 29, 2020
  • 3:29 am Pahami 5 Konsep Industri Kreatif Ini sebelum Terjun di Dalamnya
  • 7:30 am Iso Game Psp Simulasi Paling Laris
  • 7:07 am 7 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Oli Mobil Anda
  • 9:35 am Harga Mobil Agya Memang Murah, Tetapi Spesifikasinya Tak Bisa Disebut ‘Murahan’
  • 8:52 am Cara Pilih Susu Formula untuk Bayi agar Berkualitas dan Anti Alergi
Konsep Industri Kreatif

Konsep industri kreatif kini mulai banyak digeluti masyarakat Indonesia karena beragam kemudahan dan daya tariknya. Kamu mungkin juga tertarik untuk terjun berkecimpung di dalamnya. Memahami konsep itu perlu sebagai bekal awal masuk ke dunia ini.

Industri kreatif juga tidak melulu berkutat di bisnis berbasis barang saja ada banyak sub sektor yang bisa di geluti. Ini tentu memungkinkan siapa pun untuk masuk berkecimpung dan segera mendulang beragam jenis keuntungan baik untuk diri sendiri maupun orang banyak. Menarik bukan?

Konsep Dasar Industri Kreatif

Konsep pada dasarnya adalah sebuah gambaran umum atas suatu hal atau suatu gagasan. Maka konsep dasar industri kreatif yakni hal mendasar yang berkaitan langsung dengan terbentuk dan berjalannya sebuah industri. Apa saja?

  • Berbasis Digital dengan Sub Sektor yang Beragam

Industri kreatif dijalankan dengan pengaplikasian digital. Baik dalam proses awal industri, pemasaran hingga pembelian oleh pihak konsumen. Hal mendasar ini justru nantinya akan memacu perkembangan sistem bisnis industri di dalamnya.

Sub sektor dalam ranah ini juga cukup beragam. Bukan hanya sekedar tentang industri pangan atau sandang tapi juga hingga industri pariwisata. Tak kalah menarik, kamu bisa menjalankan lebih dari satu sektor industri kreatif sekaligus. Silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.

  • Penyaluran Kreativitas dalam Bentuk Industri

Industri berarti membentuk atau memproduksi sesuatu dalam jangka waktu panjang untuk menghasilkan income tertentu. Era milenial dengan kreativitas tidak terbatas bisa disalurkan dalam bentuk industri.

Tentu saja ranah ini sangat menjanjikan bagi siapapun yang masuk dengan membawa ide cemerlangnya. Yang juga jadi konsep industri kreatif yaitu penyaluran kreativitas dalam bentuk industri. Sehingga tidak jarang komoditi yang dihasilkan sangat unik dengan ciri khas tersendiri.

  • Selalu Menuntut Pembaharuan

Karena konsep dasarnya berhubungan dengan kreativitas maka banyak pelaku industri yang mengeluarkan segala isi kepalanya. Akibatnya dalam industri ini kamu dituntun untuk selalu melakukan pembaharuan.

Pembaharuan dilakukan bukan hanya untuk menjaga eksistensi tapi juga untuk mengembangkan industri yang sedang di jalankan. Selain itu, pembaharuan juga dilakukan karena selera pasar industri kreatif cenderung berubah signifikan dalam kurun waktu yang singkat.

  • Tidak Melulu Terikat Produksi Besar

Kebanyakan orang pasti membayangkan proses yang panjang dengan tenaga kerja yang banyak lalu dikerjakan di area pabrik saat mendengar kata industri. Namun jauh dari hal tersebut, industri kreatif tidak memulu terkait produksi besar.

Justru para pelakunya bekerja dalam ruang lingkup yang lebih kecil dan berfokus pada satu tujuan utama. Tapi tidak menutup kemungkinan juga income yang didapatkan setara dengan produksi kapasitas masif.

  • SDM sebagai Faktor Pendorong Utama

Konsep dasar yang terakhir yakni sumber daya manusia sebagai faktor pendorong utama industri. Keberlangsungan industri sangat dipegang oleh SDM yang mumpuni di dalamnya. Tidak melihat berapa banyak namun seberapa konsisten dan mumpuninya kemampuan SDM.

Konsep mendasar ini juga jadi landasan untuk calon pelaku industri untuk memperhatikan setiap relasi yang di gandengnya. Perencanaan yang matang dan eksekusi berbarengan juga tentu sangat di perlukan.

Tips Berkecimpung di Industri Kreatif

Benar-benar tertarik dengan industri kreatif? Setelah memahami konsep industri kreatif maka sekarang ada baiknya memahami tips berkecimpung di ranah industri kreatif. Apa saja tips yang bisa dilakukan? Berikut pembahasannya.

  • Siapkan Sumber Modal Jangka Panjang

Modal jadi hal utama sebelum berkecimpung di dunia industri kreatif. Ada baiknya untuk kamu mempersiapkan sumber modal jangka panjang karena tidak pernah ada yang tahu apakah industri akan berjalan normal atau mendapatkan sendatan di awal.

Modal juga bukan hanya berbentuk nominal, kamu bisa mempersiapkan modal pengetahuan, barang hingga modal sumber daya manusia. Nantinya akan banyak membantu dalam perjalanan industri yang hendak digeluti.

  • Siapkan SDM yang Mumpuni

Sumber daya manusia atau umumnya disebut pekerja juga harus diseleksi secara matang. Cari lalu pilihlah SDM yang mumpuni sesuai dengan bidangnya. Bayangkan bila SDM yang dipilih jauh dari kata mumpuni lalu apa yang akan terjadi.

Tidak perlu terburu buru pilihlah SDM dari beragam layar belakang. Kamu sebagai pemilik industri berhak melakukan trial pada setiap pekerja. Dengan begitu pekerja dapat menyesuaikan diri juga kamu dapat menempatkan atau membentuk pekerja sesuai dengan patokan industri.

  • Gambaran Industri yang Matang

Gambaran atau konsep sistem industri yang matang jadi salah satu hal yang harus dibuat dari awal. Ini bisa membantu para pelaku industri untuk memproyeksikan apa saja yang akan diperlukan saat industri berjalan setidaknya dalam periode awal.

Konsep sendiri juga bisa memperkecil kemungkinan terjadinya hal buruk seperti kurangnya dana atau kurangnya SDM karena semuanya telah dikalkulasikan dengan matang. Jangan ragu bertanya kepada ahli untuk sekalian membangun relasi.

  • Jangan Takut Membuat Pembaharuan

Di Indonesia sudah banyak pelaku industri kreatif dengan segala terobosannya. Tidak masalah untuk berjalan di jalur yang sama namun tentu saja tantangannya lebih besar. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah melakukan terobosan terbaru.

Tidak menghilangkan ciri khas industri garapan sendiri namun pembaharuan tetap harus dilakukan. Terlebih jangan takut untuk menjalankannya karena peluang dalam berbisnis bisa saja terbuka dari hal yang tidak terduga.

Konsep industri kreatif memang sangat sederhana. Ini memungkinkan siapa pun untuk ikut terjun di dalamnya. Jangan takut untuk melakukan banyak inovasi saat industri berjalan dan disarankan juga untuk perbanyak relasi guna memperluas pemahaman terkait industri yang sedang di salami.

admin

RELATED ARTICLES
shares