March 8, 2021
  • 1:30 pm Keuntungan Menggunakan Offset Printing Maupun Digital Printing Dalam Percetakan
  • 7:28 am Daftar Perlengkapan Bayi yang Wajib Disiapkan
  • 3:29 am Pahami 5 Konsep Industri Kreatif Ini sebelum Terjun di Dalamnya
  • 7:30 am Iso Game Psp Simulasi Paling Laris
  • 7:07 am 7 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Oli Mobil Anda
Keuntungan Menggunakan Offset Printing Maupun Digital Printing Dalam Percetakan

Dalam perkembangan teknologi, tidak hanya beragam teknologi penunjang kehidupan saja yang berkembang dan terus mengalami pembaharuan tetapi produk percetakan juga mengalami perkembangan. Dimana percetakan yang dikenal masyarakat biasanya merupakan sablon namun kini sudah tersedia percetakan dalam bentuk offset printing dan digital printing dalam menunjang kebutuhan masyarakat.

Baik offset printing maupun digital printing yang digunakan masyarakat memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Pemilihan jenis percetakan juga bergantung kepada produk yang akan melakukan naik cetak. Produk yang memiliki pangsa pasar skala besar akan melakukan offset printing dan produk yang memiliki pangsa pasar minimal menggunakan digital printing. Hal ini dikarenakan baik offset printing dan digital printing berbeda proses pengerjaannya.

Offset printing menggunakan plat besi dalam melakukan teknik cetak. Sebelum melakukan percetakan biasanya pemilik rumah produksi akan membentuk plat besi sesuai dengan gambaran produk yang akan dicetak. Setelah itu, plat besi tersebut akan ditransfer pada ban karet. Dimana ban karet ini nanti akan bertemu dengan tinta dan kertas yang akan menghasilkan produk cetak yang sama persis dalam skala besar. Karena teknik cetaknya menggunakan tinta basah maka, offset printing membutuhkan waktu untuk pengeringan tinta pada produk.

Kelebihan offset printing adalah produk yang dihasilkan mampu sama persis satu dengan lainnya dalam skala besar. Produk yang dihasilkan juga mampu tahan lama dan ukuran kertas yang digunakan beragam.

Berbeda dengan offset printing, digital printing menggunakan teknik digital yang terkoneksi dengan komputer. Dimana file akan dimasukkan dalam bentuk digital yang kemudian terkoneksi dengan mesin pencetak. Sehingga produk akan dicetak sama persis dengan file dalam bentuk digital tersebut. Karena menggunakan sistem digital yang mirip dengan printer, kegiatan digital printing tidak dapat digunakan dalam skala besar karena membutuhkan tinta yang sangat banyak dan mesin akan mudah panas.

Keuntungan menggunakan digital printing adalah produk yang diproduksi dapat satuan. Selain itu, proses pencetakan tidak memerlukan waktu pengeringan dan berlangsung cepat serta dapat digunakan langsung.

admin

RELATED ARTICLES
shares