November 29, 2020
  • 3:29 am Pahami 5 Konsep Industri Kreatif Ini sebelum Terjun di Dalamnya
  • 7:30 am Iso Game Psp Simulasi Paling Laris
  • 7:07 am 7 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Oli Mobil Anda
  • 9:35 am Harga Mobil Agya Memang Murah, Tetapi Spesifikasinya Tak Bisa Disebut ‘Murahan’
  • 8:52 am Cara Pilih Susu Formula untuk Bayi agar Berkualitas dan Anti Alergi
Jenis-Jenis Ecommerce Fulfillment Yang Perlu Anda Ketahui

Dalam menjalankan usaha, Anda perlu memanfaatkan eCommerce fulfillment agar pengiriman dan penyimpanan barang berjalan baik. Umumnya orang mengenal fulfillment service ini dengan kata pick and pack. Barang tidak bisa langsung dikiriman, tetapi harus melalui tahapan seperti penyimpanan, update stok, order diterima, pengemasan (packing), dan diakhiri shipping.

Manfaat e-commerce Fulfillment

Sistem penjualan online saat ini sudah banyak dipakai orang-orang baik berjualan skala besar maupun kecil. Istilah yang dipakai untuk ini adalah e-commerce. Pada perusahaan perdagangan yang cukup besar, keberadaan gudang penyimpanan sudah bukan hal langka pula. Untuk mencari perusahaan yang memiliki tempat penyimpanan barang tidak mudah memang, terutama ketika Anda berada di lingkungan kota-kota besar misalnya Jakarta. Kalau saja tidak ada gudang penyimpanan barang, mungkin pesanan para konsumen tidak bisa sebanyak yang ditarget oleh perusahaan dagang. Bagaimanapun juga, barang tidak bisa langsung dikirim ke konsumen, melainkan harus melewati tahapan-tahapan. Maka, untuk memilih perusahaan penyedia layanan e-commerce fullfillment, harus cermat.

Proses fulfillment sercvice ini dimulai semenjak barang tiba. Penyimpanan dilakukan secara terpisah, sebelumnya akan dicatat. Haistar adalah penyedia jasa layanan ecommerce fulfillment yang cocok Anda pilih apalagi di kota Jakarta sendiri memiliki tiga gudang penyimpanan.

Jenis-Jenis ecommerce Fulfillment Service

Ecommerce Business to Business

Sistem bisnis ini dalam e-commerce lebih sering dikenal dengan istilah B2B. Seseorang yang akan menjalankan bisnis ini setidaknya harus paham dulu dengan bisnis yang akan dijalani. Tidak bisa menggunakan jenis bisnis ini hanya untuk coba-coba karena malah bisa membuat bisnis Anda tidak mengalami kemajuan dan perkembangan. Keuntungan dari kedua belah pihak di sini akan terus menrus ada apabila dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi transaksi sangat hemat yakni dengan sistem online sehingga tidak perlu datang ke lokasi.

Ecommerce Business to Consumer

Pada sistem bisnis ini, produsen yang memasarkan produk pada konsumen tidak mengharapkan feedback dari konsumen pula. Sistem ini cukup banyak dipakai oleh pebisnis online saat ini. Umumnya pada sistem ini pembayaran dengan kartu kredit.

Consumer to Consumer

Jenis ecommerce ini dikenal juga dengan istilah C2C. Pada sistem ini dikenal dua model yakni marketplace dan classifieds. Dalam sistem ini, konsumen dapat membeli produk konsumen lainnya serta menjual produknya sendiri. Disamping dengan marketplace, penjualan juga dapat dilakukan langsung antar individu, jadi tidak ada pihak ketiga atau makelar.

Demikian penjelasan mengenai ecommerce fullfilment, sebenarnya jenis-jenisnya masih ada banyak, tetapi sekiranya dari tiga jenis itu sudah cukup. Disarankan untuk Anda, untuk menjalani bisnis online atau e-commerce, sebaiknya Anda bekerja sama dengan Haistar. Pengelola Haistar sudah tidak diragukan lagi, mereka ahli dibidang manajemen perdagangan sehingga terjamin bisnis Anda berkembang luas.

admin

RELATED ARTICLES
shares