September 23, 2020
  • 8:52 am Cara Pilih Susu Formula untuk Bayi agar Berkualitas dan Anti Alergi
  • 9:46 am Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Picky Eater
  • 2:35 am 6 Jenis Makanan Kucing yang Menyehatkan
  • 2:31 am Jenis-Jenis Ecommerce Fulfillment Yang Perlu Anda Ketahui
  • 1:08 am 5 Ide Kreasi Minuman Coklat yang Enak dan Praktis
Ibu Hamil Wajib Tahu 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kencur adalah tanaman obat yang telah dipercaya sejak dulu dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kencur merupakan keluarga jahe-jahean dan menjadi salah satu rempah populer di dunia. Kencur tumbuh subur di iklim tropis maupun subtropis, dan umumnya tersebar di wilayah Asia. Manfaat kencur sangat beragam, bahkan manfaatnya dapat dirasakan untuk ibu hamil.

Lantas apa saja khasiat kencur bagi ibu hamil? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ibu hamil tentu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi guna mencukupi kebutuhan nutrisi janinnya. Namun tak jarang ibu hamil yang justru mengalami penurunan nafsu makan karena kerap merasa mual dan muntah.

Solusi untuk mengembalikan nafsu makan adalah dengan mengonsumsi kencur. Kencur dapat diolah menjadi jamu beras kencur yang terdiri dari campuran kencur, beras, asam jawa, dan gula.

  1. Menenangkan Kondisi Psikis

Wajar jika para ibu hamil memiliki emosi yang tidak stabil, hal ini disebabkan perubahan hormon yang ada dalam tubuhnya. Sebuah riset membuktikan mengonsumsi ekstrak kencur mampu meringankan depresi, stres, hingga perasaan gelisah. Karena itulah mengonsumsi kencur dapat membuat psikis ibu hamil lebih terkontrol.

  1. Mencegah Preeklampsia atau Hipertensi

Preeklampsia adalah kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi yang terjadi pada ibu hamil. Preeklampsia merupakan suatu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan hipertensi serta kemungkinan disertai kerusakan organ seperti hati dan ginjal. Kencur dipercaya dapat membantu mencegah preeklampsia, sehingga ibu hamil dan janinnya pun lebih sehat.

  1. Meredakan Nyeri dan Bengkak

Manfaat kencur juga dapat dirasakan sebagai pereda nyeri, khususnya bagi ibu hamil yang kerap merasakan nyeri akibat dari pertumbuhan janin dalam rahimnya. Tak hanya nyeri, ibu hamil juga kerap mengalami pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan, pinggang, hingga kaki. Guna menghindari nyeri dan bengkak, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi jamu beras kencur.

  1. Meredakan Batuk

Ibu hamil kerap merasakan cemas dan takut jika mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, obat pereda nyeri, maupun obat batuk. Karena itulah mereka lebih memilih mengonsumsi obat tradisional alami salah satunya jamu kencur jahe untuk meredakan batuk dan juga mengatasi sakit tenggorokan.

Umumnya batuk yang menyerang ibu hamil merupakan sebuah refleks yang terjadi akibat adanya benda asing, lendir, cairan, maupun mikroba di dalam tubuh, dan batuk tersebut bertujuan untuk membersihkan saluran pernapasan.

Tips Mengonsumsi Jamu Bagi Ibu Hamil

Agar ibu hamil dan janin selalu sehat, perhatikan tips mengonsumsi jamu berikut ini.

  • Hindari menggabungkan terlalu banyak obat atau bahan herbal sekaligus
  • Batasi konsumsi jamu dan perhatikan dosis yang tepat
  • Selama masa kehamilan, gunakan obat atau bahan herbal berbeda pada waktu yang berbeda pula
  • Selalu ikuti anjuran dokter mengenai aturan mengonsumsi obat atau bahan herbal

Itulah 5 manfaat kencur untuk kesehatan khususnya ibu hamil. Tak lupa untuk selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu jika ingin mencoba mengonsumsi bahan herbal.

admin

RELATED ARTICLES
shares