November 29, 2020
  • 3:29 am Pahami 5 Konsep Industri Kreatif Ini sebelum Terjun di Dalamnya
  • 7:30 am Iso Game Psp Simulasi Paling Laris
  • 7:07 am 7 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Oli Mobil Anda
  • 9:35 am Harga Mobil Agya Memang Murah, Tetapi Spesifikasinya Tak Bisa Disebut ‘Murahan’
  • 8:52 am Cara Pilih Susu Formula untuk Bayi agar Berkualitas dan Anti Alergi
7 Tanda Anda Harus Segera Mengganti Oli Mobil Anda

Salah satu hal penting pada mobil yang harus selalu diperhatikan adalah oli. Oli berfungsi untuk melumasi mesin sehingga dapat mengurangi gesekan. Normalnya oli harus diganti setiap melakukan perjalanan 5.000 hingga 10.000 km atau sekitar enam bulan. Namun, sebenarnya ada tanda-tanda yang mungkin mengharuskan Anda untuk segera ganti oli. Berikut ini adalah tanda-tanda tersebut.

Tanda Mobil Anda Harus Segera Ganti Oli

  1. Oli berwarna hitam pekat

Tanda pertama Anda harus segera ganti oli adalah ketika oli sudah berwarna hitam pekat. Cara ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan untuk mengetahui kondisi oli. Semakin lama, oli akan semakin gelap karena telah terkontaminasi oleh panas dan debu dari warna awal cokelat kekuning-kuningan. Oli yang sudah berwarna pekat ini juga tidak akan berfungsi secara maksimal sehingga berbahaya untuk keamanan mesin mobil Anda.

  1. Penurunan akselerasi

Fungsi utama dari oli adalah untuk melumasi komponen pada mesin. Karakter oli yang cair dan licin membuat berbagai komponen mesin menjadi lebih ringan untuk bergerak. Hasilnya, tenaga yang dihasilkan pada pembakaran mesin dapat dikonversi secara sempurna untuk menggerakkan roda.

Saat kualitas oli sudah mulai memburuk, kekuatan untuk melumasi komponen mesin ini juga semakin lama akan semakin menurun. Hal ini mengakibatkan hubungan antara komponen mesin dengan komponen yang lainnya menjadi lebih berat dan akan berdampak pada akselerasi mesin. Tenaga mesin banyak terbuang karena terlalu berat untuk proses tersebut.

  1. Lampu indikator oli menyala

Sebagian besar jenis mobil sudah memiliki lampu indikator untuk memberitahukan kondisi oli. Lampu indikator ini biasanya akan menyala ketika Anda menggerakkan kunci ke ON. Perhatikan indikator oli mesin yang bergambar corong oli dan berwarna kuning. Jika lampu ini menyala, artinya terdapat masalah pada pelumas mesin dan Anda harus segera mengganti oli sebelum terjadi masalah yang tidak diinginkan.

  1. Asap mobil sedikit berwarna

Normalnya, asap mobil tidak berwarna atau transparan. Jika asap mobil Anda sudah sedikit berwarna, kemungkinan hal itu berasal dari oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar dan menguap. Mesin mobil saat ini sudah dilengkapi dengan PCV yang menyalurkan gas di dalam ruang engkol menuju intake manifold untuk kemudian dibakar. Oli dengan kondisi yang sudah buruk akan ikut menguap di dalam PCV ini.

  1. Setelah menempuh perjalanan jauh

Umumnya, Anda harus mengganti oli mesin setelah melakukan perjalanan 5.000 hingga 10.000 km atau sekitar 6 bulan. Jadi, setelah mengganti oli, buatlah pengingat atau jadwal khusus untuk mengingatkan Anda segera ganti oli. Sebagai contoh, setelah melakukan perjalanan jauh seperti mudik, cobalah langsung cek kondisi oli karena oli yang digunakan terus menerus akan menurun kualitasnya.

  1. Mengecek kartu ganti oli

Jika Anda mengganti oli di bengkel tertentu, biasanya Anda akan mendapatkan kartu ganti oli. Manfaatkan kartu ini untuk mengingatkan kapan sebaiknya Anda kembali lagi ke bengkel untuk mengganti oli. Pihak bengkel biasanya akan memeriksa dan menyarankan untuk mengganti oli ketika memang sudah waktunya. Jadi, sangat penting untuk menyimpan kartu ganti oli ini di dompet Anda.

  1. Mengamati stick level oli kendaraan

Tanda berikutnya jika Anda harus segera mengganti oli adalah dengan cara mengamati bagian stick level oli kendaraan. Sebelum memeriksa oli mesin, pastikan mesin sudah berada pada kondisi dingin karena jika masih panas oli akan naik karena terjadi pemuaian sehingga data tidak akan valid. Jika permukaan oli berada di bawah batas, maka tambahkan oli namun jangan melebihi batas tersebut karena justru akan membuat performa mesin menjadi menurun.

Efek Buruk Terlambat Ganti Oli

Lalu apa risiko yang mungkin terjadi jika terlambat ganti oli mobil? Sebenarnya ada banyak dampak buruk tergantung dari seberapa lama keterlambatan penggantian oli tersebut. Beberapa hal buruk yang mungkin terjadi adalah komponen mesin yang rusak, sering overheat, dan bukan tidak mungkin jika terus-menerus dibiarkan mobil Anda harus turun mesin.

Dari penjelasan ini, semoga Anda menyadari bahwa sangat penting untuk mengganti oli secara rutin. Dengan tanda-tanda di atas, Anda sudah bisa mengenali kapan waktu yang tepat untuk segera ganti oli mobil dan tidak akan mengalami keterlambatan.

admin

RELATED ARTICLES
shares