October 24, 2020
  • 9:35 am Harga Mobil Agya Memang Murah, Tetapi Spesifikasinya Tak Bisa Disebut ‘Murahan’
  • 8:52 am Cara Pilih Susu Formula untuk Bayi agar Berkualitas dan Anti Alergi
  • 9:46 am Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Picky Eater
  • 2:35 am 6 Jenis Makanan Kucing yang Menyehatkan
  • 2:31 am Jenis-Jenis Ecommerce Fulfillment Yang Perlu Anda Ketahui
5 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Susah makan adalah hal yang kerap terjadi pada setiap anak. Ada beberapa penyebab anak susah makan, mulai dari faktor makanan hingga faktor internal anak tersebut. Anak yang susah makan akan berpotensi kekurangan asupan nutrisi karena makanan yang dikonsumsi tidak bisa maksimal. Oleh sebab itu, masalah ini benar-benar harus diperhatikan oleh setiap orang tua.

Berbagai Penyebab Anak Susah Makan

  1. Pilihan makanan terlalu banyak

Memiliki banyak pilihan makanan justru bisa mengakibatkan anak malah tidak mau makan. Banyaknya pilihan makanan ini membuat anak menjadi bingung dan akhirnya mogok makan. Akan lebih baik untuk mempersempit pilihan yang diberikan kepada anak. Jangan terlalu memanjakan anak dengan memberikan berbagai macam makanan karena hal ini juga akan berpotensi membuat anak menjadi keras kepala ketika meminta sesuatu nantinya.

  1. Mempunyai lidah yang lebih sensitif

Ada beberapa anak yang memiliki indra perasa lebih banyak pada permukaan lidah mereka. Hal ini membuat anak tersebut lebih sensitif terhadap rasa. Ketika anak tidak merasakan rasa yang sempurna dan ada hal-hal yang kurang enak, nafsu makan anak akan menurun. Akibatnya, anak akan menjadi susah untuk makan. Memberikan makanan sesuai dengan selera anak bisa menjadi solusi atas masalah ini.

  1. Adanya masalah kesehatan

Jika anak susah makan, bisa jadi ada masalah kesehatan yang sedang dialami oleh anak. Sebagai contoh, ketika anak demam dan panas, maka lidahnya akan merasa pahit atau hambar ketika memakan makanan. Inilah yang menyebabkan anak menjadi susah makan. Untuk mengatasi hal ini, berikan makanan secara perlahan dan tidak perlu terlalu memaksa untuk menghabiskan makanannya.

  1. Kurang menyukai tekstur tertentu

Mungkin anak juga kurang menyukai makanan dengan tekstur tertentu. Misalnya seseorang bisa tidak nyaman dengan makanan yang terlalu lembek. Namun, di sisi lain justru ada yang tidak nyaman dengan makanan yang terlalu keras. Meski sepele, namun nyatanya hal ini juga bisa mempengaruhi nafsu makan anak. Menghormati pilihan anak adalah cara terbaik untuk mengatasi ini. Jika anak lebih suka makanan empuk, berikanlah makanan dengan tekstur empuk.

  1. Terdapat gangguan

Alasan pertama yang mungkin membuat anak menjadi susah makan adalah karena adanya gangguan, baik itu gangguan dari dalam maupun dari luar. Contoh gangguan dari dalam adalah rasa takut, sedih, khawatir, atau perasaan lainnya, sedangkan contoh gangguan dari luar adalah sambil menonton televisi atau bermain handphone. Jika ini terjadi, cobalah untuk membuat anak lebih fokus untuk makan terlebih dahulu.

Itulah beberapa alasan yang mungkin bisa menyebabkan anak menjadi susah makan. Masa anak-anak adalah masa emas. Oleh sebab itu, asupan nutrisi dari makanan benar-benar harus diperhatikan untuk menjaga masa depan mereka.

admin

RELATED ARTICLES
shares