June 19, 2021
  • 9:46 am 4 Amalan yang Harus Dilakukan Ketika Berbuka Puasa
  • 9:34 am Penyebab Gagal Ginjal dan Pencegahannya
  • 11:15 am Penambah Rasa Makanan Paling Lezat untuk Berkreasi Memasak
  • 3:17 pm Creating Shared Value Nestlé dalam Bidang Air dan Lingkungan Hidup
  • 8:55 am Kandungan Susu Nestle Nutren Optimum yang Siap Bikin Anda Sehat Selamanya
4 Amalan yang Harus Dilakukan Ketika Berbuka Puasa

Orang muslim yang berpuasa menunjukkan bentuk ketakwaannya pada Allah SWT. Hal ini dikarenakan puasa merupakan perintah bagi seorang muslim. Pada saat orang muslim berpuasa, ada peluang doanya dikabulkan oleh Allah. Terutama menjelang jadwal buka puasa. Oleh karena itu, simak informasi berikut mengenai amalan yang harus dilakukan ketika berbuka puasa.

1. Menyiapkan Hidangan Buah Manis dan Seteguk Air

Pada saat hendak berbuka, ada baiknya Anda menyiapkan hidangan pembuka berupa buah manis seperti kurma dan air putih. Selain mengikuti sunnah Rasul, makanan buah manis atau kurma ini bisa memulihkan penglihatan yang berkurang maupun nutrisi yang hilang dari tubuh. Selain itu, siapkan juga air putih karena selain aman untuk asam yang diproduksi dalam lambung, air juga bisa memulihkan tubuh dari dehidrasi.

2. Menyegerakan Berbuka yang Diawali dengan Doa

Maksud dari menyegerakan berbuka puasa adalah saat matahari telah tenggelam atau biasanya ditandai dengan kumandang adzan Maghrib, segeralah mengambil air putih dan buah kurma.

Tidak perlu menunggu adzan Maghrib selesai maupun menunggu sholat Maghrib selesai. Jangan lupa, pada saat berbuka puasa, upayakanlah selalu membaca basmalah dan doa buka puasa.

Hindari menunda-nunda buka puasa dikarenakan menunggu adzan ataupun hendak sholat Maghrib terlebih dahulu. Apalagi ketagihan bermain gawai meskipun sedang membaca-baca artikel islami untuk mendukung peningkatan takwa selama puasa. Segala aktivitas apapun harus segera dihentikan dan puasa harus segera dibatalkan meskipun hanya dengan seteguk air atau satu buah kurma.

3. Berdoa saat Berbuka Puasa

Salah satu waktu terijabahnya atau terkabulkannya sebuah doa adalah saat orang muslim yang berpuasa sedang berbuka. Pasalnya, orang muslim yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri dihadapan Allah.

Hal ini sesuai dengan hadist Nabi yang menerangkan bahwasanya ada tiga orang yang doanya tidak ditolak yakni pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan doa orang yang terzholimi. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan waktu tersebut untuk berdoa atau meminta kepada Allah untuk kebaikan urusan dunia maupun kebaikan akhirat.

4. Mengakhirkan Berbuka Puasa dengan Doa

Apabila Anda sudah selesai makan dan menunaikan ibadah sholat, jangan lupa untuk menutupnya dengan doa. Salah satu doanya adalah berbunyi Alhamdulillaahilladzii ath’amanii haadzaa wa rozaqoniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin.

Adapun artinya adalah segala puji bagi Allah yang telah memberiku makanan dan telah memberikan rizki kepadaku karena tiada daya serta kekuatan dariku. Dengan demikian, segala dosa yang telah lalu akan diampuni oleh Allah SWT.

Apabila Anda hanya membaca hamdalah setelah makan dan minum atau setelah melakukan ibadah lainnya, hal tersebut sudah terhitung sebagai amalan sunnah. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim ada baiknya menjaga amalan-amalan tersebut terutama saat menjelang jadwal buka puasa agar puasa semakin berkah.

admin

RELATED ARTICLES
shares